top of page
Writer's pictureKrisna Pradnya

5 Keunikan Budaya Bali

Updated: Dec 2, 2019

Setiap daerah atau pulau pasti memiliki keunikannya masing-masing. kita tahu bahwa indonesia itu sendiri memiliki banyak suku, banyak pulau, dan etnis, dari keberagaman tersebut itulah yang membuat indonesia menjadi indah terutama pada aspek kebudayaannya berbagai ragam jenis budaya dengan keunikannya sendiri itu terkadang merupakan ciri has dari daerah itu sendiri, yang dimana diekspresikan dengan berbagai cara tertentu.


Bali adalah salah satu contohnya dimana bali yang sering disebut pulau seribu pura atau juga "bali the island of gods" merupakan salah satu gambaran bagaimana pekatnya budaya indonesia yang diturunkan oleh nenek moyang di Bali itu sediri, yang dimana kita telah ketahui bali sangatlah kuat dengan hal-hal yang berbau religius. hal tersebutlah yang membuat daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau seribu pura ini (BALI). para wisatawan terkadang tertarik dan ingin mempelajari budaya yang ada dibali itu sendiri sehingga terkadang hal tersebut membuat kita bangga sebagai masyarakat indonesia yang memiliki beraneka ragam budaya,suku,bahasa, dan etnis.


inilah contoh 5 keunikan budaya yang berada di bali :


1. Perang Pandan di enganan Bali












pict by : https://cdn.water-sport-bali.com/wp-content/uploads/2018/08/Perang-Pandan-Desa-Tenganan.jpg


Perang pandan atau orang bali sering menyebutnya tradisi mekare-kare merupakan acara yang dilakukan ketika ada namanya upacara sasih sembah, yang dimana upacara sasih sembah itu adanya sekali dalam setahun. dan disini jika kalian ingin mengikuti tradisi perang pandan ini maka kalian haruslah pria yang sudah menginjak dewasa dan sebelum perang kalian biasanya diajak berkelilig desa untuk memohon keselamatan dan setelah itu mereka akan bertarung disebuah arena yang dimana setiap peserta akan membawa pandan sebagai senjata dan perisai yang terbuat dari ulatan bambu sebagai pelindung.


2. Parade Ogoh - Ogoh
















pict by : https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2019/03/1-1.jpg


Parede Ogoh - Ogoh merupakan parade yang jatuh satu tahun sekali yang itu tepanya pada hari yang namanya pengrupukan. dalam parade ini terlihat jelas pada gambar bahwa mereka mengakat sepeti patung dengan keiindahannya yang dibuat nah itulah yang namanya ogoh- ogoh mereka mengangkat itu bersama-sama dengan sejumlah orang, yang dimana artinya ogoh - ogoh tersebut merupakan raksasa atau umat hindu biasa menyebutnya bhuta kala yang artinya raksasa jahat nah arti pada parede ogoh-ogoh tersebut bukan berarti kita memuja raksasa jahat tapi pada parade tersebut merupakan pembersihan terhadap energi jahat atau negatif. ogoh - ogoh tersebut bisa terbuat dari bahan yang bisa di daur ulang seperti bambu,kayu dll.


3. Ngaben
















pict by : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/mia.doripos.com/melia/2018/08/Ngaben1.jpg

Ngaben adalah tradisi yang ada dibali yang merupakan upacara pembakaran mayat atau kremasinya umat hindu, upacara ini dilakukan kepada kerabat yang sudah meninggal yang artinya penyuciah roh yang meninggal. tradisi ngaben ini merupakan daya tarik tersendiri untuk wisatawan karena tadisi kremasi yang unik daripada umunya terlihat ngaben itu sendiri menggunakan tempat atau wadah yang khas untuk membawa para jenazah ke tempat peristirahatan terkahirnya dan mereka mengaraknya dengan beramai-ramai dan setelah jenazahnya dibakar yang dimana nantinya abunya akan diletakan di wadah seperti kendi yang nantinya akan di hanyutkan di laut.


4. Perang Ketupat desa adat Kapal
















Pict by : http://kb.alitmd.com/wp-content/uploads/2017/01/perang-tipat.jpeg


Perang ketupat itu sendiri merupakan tradisi yang uni yang berada di bali tepatnya di desa kapal. tradisi ini merupakan sebuah tradisi melempar ketupat yang dimana artinya bukan berkelahi ada rusuh tanpa sebab, tapi tradisi ini menunjukan arti rasa syukur kita kepada sang pencipta yaitu tuhan yang maha esa atas segala berkahnya yang telah diberikan, dan perang ketupat ini dilakukan artinya mendatangkan kesejahteraan. perah ketupat ini memiliki daya tarik tersendiri karena tradisi yang aneh dengan melempar ketupat yang menyebabkan banyak wisatawan yang pensaran akan budaya ini.


5. Tari Kecak
















pict by : https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=2ahUKEwigv56BloDmAhXVh3AKHVWtCEkQjRx6BAgBEAQ&url=https%3A%2F%2Fbali.idntimes.com%2Fscience%2Fdiscovery%2Firma%2Fmakna-tari-kecak bali&psig=AOvVaw03pZ5R3NljBg5hS6ysKb0j&ust=1574592795384971

Siapa yang tidak mengenal tari ini? ya kita pasti mengetahui tari tersebut yaitu tari kecak yang dimana tari tersebut merupakan salah satu icon yang menggambarkan budaya yang ada dibali sebananya tariannya terlihat sederhana tapi dalam tari kecak kita tidak hanya menaikan tangan dan bersuara yang tidak jelas tapi dalam tari kecak ketika penari laki - laki bersuara itu tidak semudah diperkirakan melainkan ada ketukan-ketukan yang membuat tari tersebut suaranya tidak kacau dan terkadang ketika ada tarian kecak didalamnya banyak moral yang bisa kita ambil karena didalamnya terdapat tarian drama yang bisa kita ambil maknanya. tarin kecak ini sudah terkenal hingga internasional dan menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun luar.


itulah tadi 5 kebudayaan unik yang ada diBali, kita seharusnya bangga terhadap keberagaman yang ada di indonesia sehingga membuat indonesia di kenal oleh seluru dunia, peran kita sekarang yaitu melestarikan budaya kita sendiri agar budaya kita tidaktersingkirkan oleh budaya asing. karena jika bukan kita siapa lagi kita sebagi masyarakat indonesia harus turun tangan dan mengambil peran demi kelestraian budaya kita di indonesia.


sekian yang bisa saya sampaikan dan paparkan semoga bermanfaat untuk kalian dan jika ada kekurangan mohon maaf dan jika ada informasi yang ingin ditanyakan bisa di komen di bawah. Sekian "Terima Kasih"


Don't forget to visit my friends blog....

My friends blog... :


Rio Junior

Nunik Fajar Puspita

Putu Dicky Marthree

Wafiq Fayza

Indra Lesmana

Zulvan Ibnu Faqih

36 views0 comments

Comments


bottom of page